Friday, August 31, 2012

novel refrain (resensi)

omg give awwwaaaay lagiii.... kak winna emang baik dah.. :D ane bikin ni post buat berbagi sekaligus dapet tuh give away hhe... gpp kn? yg nmanya pencapaian kan perlu target.. !!! woke :D*pencapaian : bikin resensi** target : dapet giveaway :Dpost kali ini, ane berniatkan untuk meresensasikan novel yg udah ngebuming bgt deh di kalangan remaja...daaaaan iniii dia novelnyaaa...

                                                   

(Kali pertama lihat covernya ane langsung tertarik. Ketika ane melihatnya di toko buku, ane bertanya-tanya, apa ada isi di amplopnya? Atau amplop itu cuma sekedar tempelan? Kata yang terbesit di pikiran saya ketika melihat covernya adalah misterius. Diam-diam. Cinta diam-diam, mungkin. (Setelah saya pegang bukunya, ternyata amplopnya bisa dibuka dan ada isinya. Keren! isinya pesan dari kak winna :) "IT'S ALWAYS BEEN YOU"  )


Judul             : Refrain
Penulis          : Winna Efendi
Penerbit        : Gagas Media
Halaman       : 324 halaman
Tahun Terbit : 2009
ISBN           : 978-979-780-362-9

" Tidak ada persahabatan yang sempurna di dunia ini yang ada hanya orang-orang yang berusaha sebisa mungkin untuk mempertahankannya"kutipan di atas - lah yg mencakup isi dari novel itu, ceritanya... ataupun hikmah yg bakal kita dapetin dari ni novel :Ddah liat kan gmana cover depannya ^^ yg bikin kita penasaran ntu ;)

                                                                         

naaaah ini buat cover belakangnya yang terdapat kata" sihir dari sang author ka winna dg bahasa yg sangat dalamnya :D .. begini kutipannya  "Sebuah kisah tentang cinta yang nyaris sempurna, kecuali rasa sakit karena persahabatan itu sendiri" Seperti novel kebanyakan, novel ini pun memiliki prolog. Dalam prolog, Niki bertanya pada Nata, "Di antara kita berdua, siapa ya kira-kira yang bakal jatuh cinta duluan? Kamu atau aku?" dalam hati, saya menjawab, "ane." Ya, ane,.. hehe. ane jatuh cinta duluan sama mereka. Jatuh cinta sama kisah mereka. Jatuh cinta sama deskripsi sang penulis tentang keberadaan mereka *lirik ka winna*--di atas trampolin di bawah bintang-bintang. Too fast to love them, but love is real.Banyak adegan favorit saya di novel ini. Tapi yang paling ane suka adalah ketika Nata dan Niki sedang berada di rumah Annalise. Mereka sedang membantu Annalise mencari foto-foto untuk diikutkan lomba (di sini ceritanya, Annalise suka fotografi dan berniat ikut lomba). Saat itu, Niki melihat kotak sepatu tua, ringan. Saat dibuka, ternyata isinya foto dan beberapa benda lain. Ditumpahkannya foto-foto itu. DAANNN... inilah puncaknya. :( Ketika kamu berusaha memendam perasaanmu, karena tak ingin ada yang tersakiti, tapi sahabatmu sendiri yang membongkarnya. Menyakitkan. Adegan ini original. Fantastis. Mampu membuat emosi pembaca ikutan kacau. #ane jadi lebay yh? biarinpokoknya intinya tentang cerita 2 orang sahabat yaitu niki & nata, yg si status sahabat nya itu ada yg nyenggol gtu dh, jadi punya rasa yg seharusnya jangan hadir dalam persahabatan gtu...

Ide ceritanya sebenernya sederhana. Tapi penyampaian penulis bener-bener keren. Diksinya bagus dan to the point. Tokoh-tokohnya hidup, apalagi Nata. Nata itu menurut ane nyata banget karakternya. Membacanya itu bikin terbawa suasana. Waktu lagi seneng, rasanya euforia senengnya kerasa. Kalau lagi sedih, itu beneran kerasa sedih. Pokoknya keren, ceritanya hidup.

Terus ada semacam wishes dan siapa yang mengharapkan sebelum cerita di mulai. Keren. Sukses bikin nangis walaupun nggak deres.. jangan bilang bilang ane mau nangis ka.. :p :D . Oh ya, dan nggak ada satu bab pun yang bikin ane bored waktu membaca. Biasanya waktu membaca buku, at least ane punya satu bab yang males banget buat di baca, bawaannya pengen diloncati, nggak usah dibaca. Tapi di buku ini nggak. Pokoknya bagus! gak boleh ada yg kelewat...

Yang ane suka lagi adalah penokohannya manusiawi. Yang protagonis nggak seratus persen baik, yang antagonis nggak sepenuhnya buruk. Seimbang dan itu bikin ceritanya makin hidup.jadiiiiiiiiiiiiii,,, inti dari semua intinya tuuuuh... BELI ni NOVEL!!!!! DUNIA harus BACA dah... khususnya REMAJA yg gi berada pada status SAHABAT ;)oia ni bonus wat kalian ^^

QUOTE dari novelnya ka winna, REFRAIN ^^

''When you take a photograph of someone, you take a portrait of their soul'' - Anna's father

 ''Photographs last for a life time'' - Annalise ''Manusia bisa menua, tempat bisa berubah, kita bisa melupakan. Karena itulah kamera digunakan, untuk merekam hal-hal yang tidak dapat diingat manusia dengan sempurna'' - Anna's father

 ''Buat sebagian orang, seni menjadi bagian penting yang sulit dipisahkan dari diri mereka. Seni juga merupakan bentuk pelarian, cara untuk melampiaskan emosi'' - Nata

''Seni terkadang bisa mengubah hidup orang'' - Nata 

''Cinta itu gak memiliki, semua orang bebas merasakannya, menyimpannya. Tapi kalau kamu terlalu takut untuk mengakuinya, selamanya kamu bisa terperangkap di dalamnya'' - Annalise ''Segala sesuatu tentang hidup adalah sebuah pilihan'' - Anna's aunt

''Life's all about choices. Kita tidak akan tahu jika kita tidak menuruti kata hati'' - Anna's mother 

''Cita-cita adalah sebuah obsesi dan sesuatu yang menjadi penuntun hidup'' - Nata

''Persahabatan itu gak memilih. Persahabatan bukan didasari oleh gender, usia, motif, atau apapun itu. Persahabatan yang tulus gak harus punya alasan'' - Niki

''Orang dewasa kadang egois. Mereka selalu bebas ngelakuin apa aja yang mereka suka, tanpa mikir perasaan orang lain'' - Niki

''Nggak banyak orang yang seratus persen yakin sama diri mereka sendiri. Justru orang-orang yang serius mikirin itulah yang benar-benar dewasa'' - Nata

''Tidak ada persahabatan yang sempurna di dunia ini. Yang ada hanya orang-orang yang berusaha sebisa mungkin untuk mempertahankannya'' - Klaudie, Niki's sister

''Kita gak bisa memaksakan perasaan seseorang untuk menyukai kita. Yang bisa kita lakukan cuma merelakan, berharap supaya dia bahagia'' - Niki

''Membuat pilihan diantara dua pilihan yang berat bukan berarti harus meninggalkan salah satu'' - Danny, Nata's brother

''Cinta tak ingin bertahan dalam 2 orang yang tidak menginginkan hal yang sama. Jika salah satunya memiliki ruang yang cukup untuk cinta, maka cinta itu akan beranjak pergi'' - Danny
enjoy^^

kak winna my inspiration :*
salam mimpi!!! :) !!!
@yaziedahmad

No comments:

Post a Comment